7 Cara Mencegah Diabetes Di Usia Muda

Posted on 11 Januari 2021

Cara mencegah diabetes di usia muda harus anda ketahui agar tidak menyesal dikemudian hari. Mencegah diabetes sejak dini perlu kita lakukan sebelum terlambat.

Penyakit diabetes tipe 2 dapat menghantui anda kapan saja, apabila anda sembarangan mengonsumsi makanan dan minuman. Jika tidak ingin menderita penyakit diabetes di usia muda, sebaiknya anda melakukan beberapa tips dibawah ini.

Cara mencegah diabetes di usia muda

Diabetes masih menjadi penyakit populer yang di derita masyarakat Indonesia sampai saat ini. Melansir dari rilis Kementerian Kesehatan yang dikeluarkan pada akhir tahun 2018, dimana penyakit diabetes di indonesia mengalami peningkatan.

Di tataran global, sebanyak 90-95 persen masyarakat indonesia menderita diabetes tipe 2. Pada diabetes tipe 2 ini ditandai dengan adanya kadar gula darah yang tinggi.

Pada awalnya, sel tubuh kurang atau tidak dapat merespon insulin sebagaimana mestinya (resistensi terhadap insulin). Jika tidak ditangani dengan benar, setelahnya pankreas tidak dapat memproduksi insulin yang cukup.

Cara mencegah diabetes di usia muda yang perlu diketahui

Namun anda jangan khawatir, karena penyakit diabetes tipe 2 ini dapat dicegah, salah satu yang paling penting yaitu dengan mengubah gaya hidup sehat.

Penyebab utama risiko penyakit diabetes yaitu makanan, minuman, serta malas berolahraga.

Jika anda tidak ingin terkena diabetes diusia muda ada beberapa tips cara mencegah diabetes di usia muda yaitu:

Cara mencegah diabetes di usia muda dengan mengurangi asupan gula

Diabetes memang dapat terjadi oleh banyak faktor, termasuk gaya hidup yang tidak sehat. Banyak peneliti yang telah mengaitkan antara mengonsumsi gula yang banyak dengan risiko diabetes tipe 2.

Banyak penelitian meyakini bahwa mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula tinggi, dapat meningkatkan seseorang terkena diabetes tipe 2, baik itu secara langsung maupun tidak langsung.

Menkonsumsi asupan gula yang berlebihan dapat meningkatkan kadar gula darah secara drastis. Sehingga pankreas tidak perlu memproduksi insulin. Akibatnya dapat merusak fungsi dari pankreas itu sendiri.

Menjadikan air putih sebagai minuman utama.

Sebaiknya anda mengonsumsi air putih sebagai minuman utama, daripada mengonsumsi minuman kekinian dengan rasa yang sangat manis. karena hal tersebut dapat memicu terjadinya diabetes tipe 2.

Air putih merupakan minuman paling aman dan membuat tubuh selalu terhidrasi. Selain itu, air putih juga dapat meningkatkan kendali tubuh terhadap kadar gula darah serta respon insulin.

Dewasa ini, banyak beredar minuman siap saji yang menawarkan aneka varian rasa. Namun satu yang pasti, pemanis buatan dan kandungan kimia lainnya bisa menjadi sumber malapetaka di kemudian hari.

Kebanyakan minuman dalam kemasan mempunyai rasa yang sangat manis. Produk ini bisa menjadi lingkaran setan karena rasa manisnya akan membuat kita ketagihan.

Baca juga : Obat diabetes Gluconormix

Cara mencegah diabetes di usia muda dengan olahraga teratur.

Sering melakukan aktivitas fisik mempunyai banyak manfaat bagi tubuh, termasuk sebagai cara mengatasi diabetes.

Dengan berolahraga dapat meningkatkan sensifitas sel tubuh terhadap insulin. Keluarnya keringat juga dapat menstimulasi tubuh untuk melakukan hidrasi, sehingga kita perlu menggantinya dengan cara minum.

Diantara beberapa olahraga yang dapat dilakukan untuk mencegah diabetes seperti, latihan kekuatan, latihan aerobik, dan latihan interval intensitas tinggi.

Anda dapat memilih olahraga yang anda sukai sehingga anda dapat melakukannya secara rutin. Yang terpenting adalah kesinambungan dalam berolah raga. Tidak perlu olahraga yang berat, cukup dengan olahraga kardio seperti jogging minimal 3x seminggu.

Mengurangi asupan karbohidrat.

Cara mencegah diabetes di usia muda selanjutnya adalah dengan mengurangi asupan karbohidrat sederhana. Karbohidrat sederhana adalah jenis karbohidrat yang mudah dicerna lebih cepat.

Selain itu, indeks glikemik makanan ini juga termasuk tinggi. Oleh karena itu, karbohidrat sederhana dapat meningkatkan kadar gula darah dan insulin setelah anda mengonsumsinya.

Memilih dan mengkonsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah wajib dipraktikkan penderita diabetes. Namun demikian, pola makan rendah glikemik bisa diterapkan oleh siapa pun dengan cara sederhana.

Diantara karbohidrat sederhana yaitu nasi putih dan ini termasuk makanan pokok masyarakat indonesia. Selainnya yaitu tepung putih, pasta, roti putih, soda, dan beberapa makanan ringan juga menjadi sumber karbohidrat sederhana.

Minuman bersoda seperti Cola mengandung karbohidrat dan gula yang sangat tinggi. Sebaiknya mulai sekarang, kurangi atau jika bisa tidak usah minum minuman ini sama sekali. Karena kandungan karbohidrat dan gula yang sangat tinggi bisa menjadi pemicu utama penyakit diabetes.

Menjaga berat badan tetap ideal.

Jika anda termasuk dalam golongan orang-orang yang mempunyai berat badan berlebihan atau obesitas, sebaiknya anda mulai melakukan penurunan berat badan.

Gaya Hidup Tidak Sehat Mengakibatkan Diabetes

Menurunkan berat badan tidak hanya untuk meningkatkan percaya diri bagi beberapa orang, hal ini juga dapat mencegah penyakit diabetes.

Karena banyak kasus dari diabetes tipe 2 disebabkan oleh kondisi obesitas atau kelebihan berat badan. Menurunkan berat badan perlu dilakukan sebagai cara mencegah diabetes di usia muda.

Terdapat beberapa jenis diet yang bisa dipilih untuk menurunkan berat badan yang berlebihan seperti, diet rendah karbo, diet mediterania, atau diet paleo.

Meski begitu, pilih diet yang sehat dan yang dapat di lakukan dalam jangka panjang untuk mempertahankan berat badan yang ideal. Tidak hanya itu, kita juga perlu mengetahui kebutuhan kalori harian.

Untuk menurunkan berat badan dapat dipastikan tubuh berada dalam kondisi defisit kalori. Maksudnya adalah kalori dari makanan yang masuk harus lebih sedikit dibanding energi yang keluar pada hari itu.

Mengurangi konsumsi makanan instan.

Sebagai cara mencegah diabetes di usia muda, anda dapat memulai dengan membatasi konsumsi makanan yang serba instan dan makanan berproses, misalnya makanan beku dan mie instan.

Makanan berproses telah dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan. diantaranya yaitu obesitas, penyakit jantung, dan diabetes.

Minum secangkir teh dan kopi.

Selain minum air putih, minum secangkir kopi atau teh juga dapat anda lakukan sebagai cara mencegah diabetes di usia muda.

Beberapa observasi sudah membuktikan bahwa mengonsumsi teh atau kopi dalam jumlah yang wajar juga dapat menurunkan risiko dan mencegah diabetes. salah satu jenis tehnya yaitu teh hijau.

Para ahli telah membuktikan bahwa teh hijau mengandung molekul antioksidan unik yang dapat menurunkan kadar gula darah serta meningkatkan sensivital sel tubuh terhadap insulin.

Penutup.

Demikian ulasan keseharan kami tentang bagaimana cara mencegah diabetes di usia muda yang perlu anda ketahui. Usia muda adalah masa di mana kondisi kesehatan anda masih dalam kondisi optimal.

Jika anda tidak hati-hati dan sembarangan menjalani gaya hidup yang tidak sehat, besar kemungkinan anda akan menyesal di kemudian hari. Karena pada usia sudah memasuki 40 tahun, perlahan fungsi organ-organ tubuh kita akan menurun. Akibatnya, berbagai macam penyakit akan mudah menyerang kita.

Jalani pola hidup sehat, termasuk mengatur jadwal makan, asupan makanan, pola tidur dan menjaga agar tidak stres bisa anda lakukan mulai sekarang. Selamat mencoba, salam sehat!

TENTANG PENULIS

One Comment

  1. […] Baca juga : 7 Cara mencegah diabetes di usia muda […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *